December 29, 2016

Personal Talk: How I Deal with Period

Kali ini aku mau cerita-cerita yang agak sedikit personal mengenai period a.k.a menstruasi. Bagi sebagian cewek, period  itu mungkin rasanya biasa aja (blessed you, girls) ... but totally not for me! Let's get real. Sejak pertama kali aku dapet, rasanya setiap period tuh drama banget. Mulai dari pernah tembus waktu di sekolah sampai nggak bisa gerak gara-gara cramps super parah. Pokoknya menstruasi itu identik banget dengan berbagai hal yang nggak nyaman buat aku dan nggak jarang bikin aku jadi males untuk ngapa-ngapain.


Sayangnya, nggak mungkin banget kalau aku harus selalu menghindari aktivitas di hari-hari tertentu gara-gara 'lagi dapet'. Rasa nggak nyaman memang ngeselin tapi bukan berarti kita jadi pasrah dan balik 'memusuhi' si period ini. Let's figure out something to make it better.



1. Know your DO'S and DON'TS
Kondisi tubuh dan kebutuhan setiap cewek waktu lagi dapet pastinya berbeda-beda. Otomatis, cara untuk mengatasinya pun berbeda juga. Kalian bisa coba googling gejala-gejala apa yang sering kalian alami kalau lagi dapet dan cari tahu gimana cara untuk mengatasinya. Begitu menjelang period, kita harus mulai prepare deh. Aku sendiri butuh waktu agak lama untuk trial and error... but trust me. It's worth your time.

Misalnya, aku sering banget menstrual cramps yang lumayan parah. Kadang sakitnya masih bisa ditolerir, kadang sakit banget sampai nggak bisa gerak sama sekali. Nah, setelah beberapa kali aku perhatiin, setiap kali aku minum air dingin waktu lagi period, terutama waktu hari-hari awal, biasanya menstrual cramps nya jadi lebih parah. Jadi aku sendiri mulai hati-hati kalau udah dekat-dekat period, waktunya 'puasa' dulu dari segala macam es dan minuman dingin.

Masalah lain yang sering juga dialami oleh cewek-cewek pada saat period yaitu JERAWAT! Pernah kan ngalamin tiba-tiba ada jerawat yang entah muncul darimana padahal lagi nggak ganti skincare atau cobain makeup baru? Menjelang period, produksi hormon di tubuh kita cenderung kurang stabil dan salah satu efeknya bisa memicu jerawat. Nah, kalau udah begini biasanya aku selalu siap sedia obat jerawat andalan dan sementara nggak pakai makeup yang berlebihan.

2. Make yourself HAPPY 
Pernah kan ngerasa kesel atau grumpy nggak jelas waktu lagi dapet? Atau lagi cramps parah-parahnya sementara harus presentasi di depan client? Rasanya campur aduk nggak karuan antara sakit, kesel, dan pengen marah. Well it's normal. Mood memang cenderung naik turun kalau lagi dapet tapi ada baiknya kalau kita berusaha untuk tetep happy. Kenapa? Karena menurut aku kalau kita bisa happy dan enjoy, things are gonna be better. Jangan sampai gara-gara kita lagi bad mood, eh kita jadi ikut-ikutan ngebawa orang lain jadi bad mood juga.


Eat your favorite pasta. Watch your favorite movie. Make yourself happy.

Berhubung aku lumayan gampang moody, biasanya aku selalu siapin little treats untuk diri sendiri supaya tetep happy menjelang period. Mulai dari siapin teh hangat dan cemilan buat dinikmati sambil baca buku atau iseng-iseng aja painting pakai watercolor sambil dengerin lagu supaya lebih rileks. Bahkan sekedar browsing pinterest buat lihat-lihat inspirasi aja udah bisa bikin mood aku jadi adem. Be creative and do whatever makes you happy.



3. Choose the Right Pads
Period aku termasuk yang heavy flow jadi aku sering banget ngerasa nggak nyaman karena takut tembus dan cepet banget terasa lembab. Idealnya sih kita disarankan untuk rajin mengganti pembalut dan menghindari pakaian yang terlalu ketat supaya sirkulasi udara di sekitar area miss V terjaga dan tidak menimbulkan bau.

Masalahnya adalah kenyataan seringkali tak seindah bayangan :( Ada kalanya aku sibuk banget sampai-sampai nggak sempat buat ganti atau toilet umumnya yang kurang higienis. Belum lagi sehari-hari aku sering banget pakai celana jeans supaya memudahkan aktivitas. Kalau udah begini, biasanya aku pakai pembalut yang agak tebal dan lebih panjang. Memang sih lebih aman karena nggak gampang tembus tapi kadang masih parno soal bau. Aduh rasanya gimana banget kan ya kalau sampai baunya 'kedetect' sama orang.


Nah, baru-baru ini aku nyobain pembalut Charm Fragrance. Pembalut ini dirancang dengan wangi rose fragrance untuk menyamarkan bau tidak sedap yang sering muncul kalau kita lagi dapet. Jadi nggak perlu khawatir sama masalah bau lagi deh. Wangi rose-nya sendiri juga masih tergolong mild kok jadi kita nggak bakalan jadi parfum berjalan hehehe.

Charm Fragrance ini juga tersedia dalam beberapa pilihan yaitu Extra Maxi (Wing & Non Wing) dan Super Slim (Wing & Non Wing). Untuk pemakaiannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi masing-masing. Biasanya waktu lagi banyak-banyaknya aku memakai yang Extra Maxi Wing dan menjelang akhir period aku ganti memakai yang Super Slim Wing.


Nah, beberapa hal di atas ini adalah hal-hal yang selalu aku lakukan untuk 'berdamai' dengan si period ini. Sebenarnya nggak ada aturan benar atau salah, kuncinya adalah bagaimana membuat mood kita tetap happy dan tetap fresh bebas bau meskipun lagi dapet. :)  

CHARM INDONESIA
Facebook     |     Twitter     |     Instagram

Semoga membantu buat kalian yang masih suka bermasalah kalau lagi dapet ya hehehe.  

See you on my next post.

Post a Comment

Latest Instagrams

© Milk Mochi. Design by Fearne.