March 16, 2017

How I Deal With Rainy Season

Rainy season is here. Sebagai seorang penikmat hujan, sebenarnya aku happy banget kalau udah mulai musim hujan walaupun suka was-was juga soalnya musim hujan di Jakarta identik dengan banjir. Suasana yang lebih teduh, suara rintik hujan yang beradu dengan jendela, dan udara Jakarta yang sekejap menjadi dingin. Rasanya enak banget deh buat leyeh-leyeh santai dan me time sambil minum teh atau kopi hangat.

Hawa sejuk di musim hujan memang menyenangkan, sampai-sampai aku sendiri sering lupa kalau musim hujan itu rawan terhadap berbagai jenis penyakit. Mulai dari batuk dan flu sampai demam berdarah, soalnya berbagai virus dan bakteri lebih mudah menyebar terutama lewat air hujan, genangan air, dan tentu saja banjir. Aku yakin deh nggak ada yang suka sakit makanya penting banget untuk tahu cara menjaga kesehatan, terutama di musim hujan. Kali ini aku mau sharing beberapa hal-hal yang sudah sering aku lakukan supaya gampang sakit di musim hujan.


1. Keep yourself warm
Aku termasuk orang aneh yang suka udara dingin padahal gampang banget kedinginan. Sekalinya kedinginan sebentar, tahu-tahu besoknya kena flu dan radang tenggorokan. Makanya jangan heran kalau sebagian besar koleksi bajuku di lemari itu baju-baju berlengan panjang.


Kalau di musim penghujan, jaket, sweater, dan semua jenis baju hangat lainnya nggak bakalan absen deh aku pakai setiap hari. Apalagi cuaca di musim hujan ini nggak bisa ditebak, pagi harinya panas terik eh begitu sore hari langsung penuh awan mendung. Jadi nggak ada salahnya untuk selalu siap sedia baju hangat untuk menghangatkan tubuh di tengah cuaca dingin.

Selain menghangatkan tubuh dengan pakaian, kalian bisa juga coba konsumsi minuman hangat yang menyegarkan seperti teh yang dicampur dengan madu dan lemon atau segelas cokelat hangat. Having hot drinks on rainy days is always such a pleasure for me.

2. Healthy diet is a MUST
Kalau lagi musim hujan, ajang cari makan di luar buat anak kantoran jadi lebih challenging. Kadang-kadang pilihan yang ada memang nggak banyak tapi sebisa mungkin aku mengurangi konsumsi minuman es dan jajan sembarangan, apalagi kalau tempatnya kurang higienis. Aku lebih prefer makanan hangat dan berkuah seperti bubur, soto, atau sup. Kalau makan siangnya agak 'kecolongan', sebagai gantinya aku tebus dengan makanan yang lebih sehat di malam harinya. Nggak perlu makan berlebihan juga, cukup dengan konsumsi buah atau makanan hangat lainnya. Jangan lupa juga untuk minum air supaya terhindar dari dehidrasi. Kalau badan rasa-rasanya sudah mulai kurang fit, biasanya aku minum tambahan vitamin C untuk menambah daya tahan tubuh hehehe.

3. Take care of personal hygiene
Musim hujan yang dingin kadang-kadang bikin kita malas bersentuhan dengan air. This is a BIG NO NO! Banyak banget virus dan bakteri yang bisa menyebar kalau kita nggak memperhatikan kebersihan tubuh kita. Pastikan untuk segera mencuci tangan dan kaki setelah keluar rumah dalam kondisi hujan. Aku biasanya lebih memilih untuk mandi dengan air hangat supaya tubuh lebih bersih dan bebas kuman secara menyeluruh. Jangan lupa juga untuk rajin sikat gigi dan berkumur dengan obat kumur untuk menghindari penyebaran kuman lewat mulut. Banyak yang sering berpikir kalau menjaga kebersihan mulut dan gigi itu sepele, padahal mulut itu juga bisa menjadi salah satu sumber penyebaran penyakit.


Kalau tenggorokanku sudah mulai terasa sakit dan meradang, aku selalu membiasakan diri untuk berkumur dengan BETADINE Obat Kumur yang sudah terbukti untuk membunuh kuman yang ada di mulut dan mencegah radang tenggorokan lebih lanjut. Untuk obat kumur, aku sarankan jangan sembarangan mencoba karena sebelum aku mencoba BETADINE Obat Kumur ini, aku sering banget berkumur pakai air garam tapi hasilnya kurang maksimal dan aku sendiri nggak tahan berkumur lama-lama karena airnya itu asin banget.



Berbeda dengan mouthwash atau obat kumur pada umumnya, BETADINE Obat Kumur  mengandung povidone-iodine yang merupakan zat anti mikroba yang secara efektif terbukti dapat membunuh bakteri, virus dan jamur. Selain itu, Betadine ini juga sudah dipercaya di seluruh dunia selama lebih dari 50 tahun jadi nggak perlu ragu deh dengan manfaatnya.

Untuk cara penggunaannya sendiri cukup mudah, larutkan BETADINE Obat Kumur dalam air di dalam tutup botol yang tersedia kemudian gunakan untuk berkumur selama kurang lebih 30 detik. Jangan lupa perhatikan dosis dan aturan pakainya ya. Selain untuk mengatasi sakit tenggorokan, BETADINE Obat Kumur ini juga dapat digunakan mengatasi infeksi mulut lainnya, misalnya radang gusi, sakit gigi, dan sariawan.


It's not really hard to survive in rainy season, right? Semoga sharing kali ini berguna untuk kalian semua ya. Take care and stay healthy.

Post a Comment

Latest Instagrams

© Milk Mochi. Design by Fearne.