July 23, 2017

Easy and Simple Chicken Katsudon

Kalau ada yang tanya, apa sih jenis makanan favoritku, rasa-rasanya aku bakalan jawab makanan Jepang. Kenapa? Selain menyehatkan, makanan Jepang biasanya mudah dibuat dan nggak memerlukan banyak bumbu. Hehehe ini bukan berarti aku nggak suka makanan Indonesia loh ya. Salah satu makanan Jepang favoritku adalah chicken katsudon. Buat yang senang baca manga atau komik Jepang, pasti sudah nggak asing dengan makanan yang satu ini.


Chicken katsudon ini merupakan hidangan nasi dengan topping chicken katsu dengan siraman telur berbumbu. Simple but tasty. Apalagi kalau disajikan dengan miso soup dan teh hangat. Hmm, my kind of comfort food! Sayangnya beberapa tahun yang lalu, chicken katsudon belum populer dan jarang sekali ada restoran yang menyediakan menu ini. Harganya pun terbilang cukup mahal kalau beli di restoran apalagi dulu aku masih sekolah jadi uang jajan pun terbatas. Dari sinilah aku mulai belajar dan coba-coba untuk membuat chicken katsudon sendiri di rumah.

Proses pembuatan bumbu katsudon sendiri sebenarnya sederhana. Malah lebih ribet mempersiapkan chicken katsu-nya. Buat kalian yang pernah membuat chicken katsu, pasti ngerti deh gimana ribetnya. Belum lagi harus nambah cucian piring. Enak sih tapi ujung-ujungnya jadi mager deh nggak bikin-bikin lagi kalau inget ribetnya.


Kebetulan waktu itu aku lagi iseng nonton salah satu channel masakan Jepang di Youtube dan di salah satu resepnya dia menggunakan chicken katsu siap masak untuk membuat katsudon. THAT'S IT! Langsung deh rasanya lightbulb di kepala ini nyala! Hahaha bener juga ya sekarang ini kan sudah banyak chicken katsu siap masak yang dijual di supermarket, misalnya seperti SO GOOD Chicken Katsu. Ini win win solution banget sih buat para pecinta chicken katsudon aliran mager kaya aku hahaha. Berikut resep lengkap chicken katsudon yang biasa aku buat.

Chicken Katsudon
Untuk 1 porsi

Bahan utama
2-3 potong SO GOOD Chicken Katsu
2 butir telur, kocok lepas
1/2 bawang bombay ukuran sedang, iris halus
Nasi putih hangat
Minyak goreng (untuk menggoreng dan menumis)
Rumput laut kering, dipotong memanjang (untuk taburan)

Bahan saus
75 ml air
3 sdm kecap asin Jepang (shoyu)
1/2 sdt gula (opsional)
1/2 sdt dashi (opsional)

Cara membuat
  1. Panaskan minyak goreng di dalam wajan dan goreng SO GOOD Chicken Katsu hingga berwarna kuning keemasan. Angkat dan tiriskan.
  2. Campur seluruh bahan saus ke dalam wadah dan aduk hingga rata. Sisihkan. 
  3. Panaskan minyak di dalam wajan anti lengket (teflon) dan tumis bawang bombay dengan api sedang sambil terus menerus diaduk hingga mulai terlihat transparan.
  4. Masukkan saus yang sudah tercampur rata ke dalam tumisan bawang bombay dan didihkan. Jangan lupa untuk mencicipi rasa sausnya dan pastikan sudah sesuai dengan selera kalian ya.
  5. Ambil sedikit saus yang sudah matang dan tuangkan di atas nasi hangat yang sudah diletakkan ke dalam mangkuk.
  6. Kecilkan api kemudian letakkan SO GOOD Chicken Katsu ke bagian tengah wajan yang berisi tumisan bawang bombay dan saus. Tuangkan telur secara merata ke seluruh bagian wajan dan chicken katsu. Tutup wajan dan tunggu selama 30 detik sampai dengan 1 menit hingga telur matang.
  7. Tuangkan ke atas nasi hangat dan taburan rumput laut. 

Tips dan trik
• Bagi kalian yang kurang suka bumbu dengan citarasa manis, kalian bisa skip penggunaan gula pasir.
• Rahasia katsudon yang enak terletak pada tumisan bawang bombay. So take your time to cook them properly karena bawang bombaynya akan terasa agak mentah kalau nggak matang dengan sempurna.


Selain chicken katsu, So Good juga menyediakan berbagai jenis produk siap masak lainnya, mulai dari bakso, nugget, sosis, sampai chicken wing. Cocok banget buat kalian yang seneng masak tapi males ribet kaya aku hehehe. Kalian juga nggak perlu khawatir dengan kualitas produk So Good ini karena semuanya diolah secara higienis melalui proses pemasakan yang modern dan pengawasan mutu yang ketat. Produk So Good juga mudah didapatkan di supermarket terdekat. 

Sekarang rasanya jadi pengen lebih rajin masak sendiri di rumah daripada jajan di luar. Oya kalau kalian suka masak, coba deh mampir official site So Good untuk lihat berbagai resep dan inspirasi masakan lezat lainnya. Hmm kira-kira mau coba bikin menu apa lagi ya berikutnya? Kalau kalian punya resep andalan atau resep favorit, feel free to share. Happy cooking! <3

5 comments

  1. haduuuh, kok saya jadi lapper gini. ya liatnya. Mau coba jg ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya waktu nulis postnya pun jadi laper lagi hehehe yuk mari dicoba :D

      Delete
  2. Kelihatan enak. Bumbunya juga praktis

    ReplyDelete
  3. Nice info, thanks for share, oh ya saya mau berbagi, baru saja saya menemukan Video Viral tentang Hobby jadi Bisnis trus minum Kopi Terbaik sambil simak Media Kalteng baca tentang Paid Promote untuk Jual Akik Gambar buat beli Printer kaos sablon digital

    ReplyDelete

Latest Instagrams

© Milk Mochi. Design by FCD.